Anak Tanpa Tv (Nggak) Kuper?? #1

Happy weekend Mommies... Kali ini saya kepingin mengangkat topik Anak Tanpa Tv (Nggak) Kuper??. Mommies tau kan belakangan lagi hebo...

Anak Tanpa Tv (Nggak) Kuper?? #1
Happy weekend Mommies... Kali ini saya kepingin mengangkat topik Anak Tanpa Tv (Nggak) Kuper??. Mommies tau kan belakangan lagi heboh beberapa sinetron yang disemprit oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) karena dianggap meresahkan dan ga mendidik? Ada si serigala, harimau, elang, lama-lama semua member kebun binatang keluar di tv. hehe...

Dan barusan aja saya baca artikel kalau KPI telah menetapkan acara anak yg tidak layak tonton karena memperlihatkan kekerasan secara eksplisit yaitu Bima Sakti, Krisna dan Tom and Jerry. Sedangkan cartoon Spongebob Squarepant dan Crayon Sinchan termasuk dalam kategori Hati-hati. Itu baru ditinjau dari segi kualitas tayangan, belum lagi dampak buruk dari sisi psikologi, kesehatan, gangguan konsentrasi dan sebagainya. Maka layaklah banyak Mommies yang sudah mulai membatasi interaksi anak dengan tv (red : televisi).

"Maka layaklah banyak Mommies yang sudah mulai membatasi interaksi anak dengan tv"

Ada sebagian Mommies yang saya kenal telah berhasil menyingkirkan tv dari rumahnya, ada pula sahabat saya yang bilang bahwa sudah saatnya tv-ny dijual karena anak-anak tak pernah ingin nonton tv. Bener-bener salut! Lalu bagaimana dengan saya? Saya sendiri belum bisa sepenuhnya melarang anak nonton tv, namun kami punya kesepakatan tentang waktu dan acara yang dapat ditonton.
Satu jam di pagi hari dari jam 06.00 - 07.00 dan 2 jam di siang hari mulai 13.30 - 15.30 adalah jadwal tv dirumah kami, setelahnya anak-anak akan mandi dan main di luar bersama teman sebayanya dan NO TV di malam hari.

Terus kalau malam suruh ngapain dong? Ohhh Mommies ga usah khawatir, banyak loh kegiatan yang bisa dilakuin di malam hari. Seperti mengaji dan makan malam setelah maghrib, sedangkan selepas isya adalah waktunya "fun time". Artinya kita bebas mau ngapain aja asal positif dan tetap menegakkan kesepakatan No tv! Contohnya apa Mom? Baca cerita, menggambar, bikin prakarya, masak bareng nyiapin bekal buat besok, mainan tradisional jaman kita kecil dulu (sambil nostalgila) atau nonton "video learning", yaitu koleksi video singkat (max. 7 menit) yang saya download dari you tube, berisi tentang berbagai pengetahuan baru buat anak-anak kita. Dari situlah saya jadi tau bahwa si Adek sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan luar angkasa, planet-planet, bintang dan galaksi. Sedangkan Abang sedang senang-senangnya mengenal kehidupan beruang kutub dan anjing laut di kutub utara yang saya download dari NatGeo. Peinsipnya Mommies bisa coba download video singkat dengan tema apa saja dan lihat ketertarikan anak kita. So, masih mau bilang Anak Tanpa Tv (Nggak) Kuper??

--to be continued--
Anak Tanpa Tv (Nggak) Kuper?? #2 sudah dapat Mommies baca DI SINI

Related

Parenting 4750111937446035931

Post a Comment

Hai, saya Nurul.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar pada artikel ini. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Salam hangat.

emo-but-icon

item